Senin, 08 Juli 2019

Karya Bhakti Pra TMMD Desa Hargotirto Kokap


Kulon Progo. Anggota Koramil Kokap, Kodim Kulon Progo, melaksanakan karya bhakti pra TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD), di Dusun Teganing I, Desa Hargotirto, Kokap, Kulon Progo, bersama dengan warga masyarakat.

Pekerjaan yang dilaksanakan adalah memperlebar badan jalan dengan membersihkan tanah akibat longsor beberapa waktu yang lalu.   Selain itu juga dilakukan penggalian tanah sedalam 12 cm yang ada di sela-sela corblok jalan yang sudah ada, yang nantinya akan dilakukan pengecoran (penambahan cor).

TMMD di Dusun Teganing, Desa Hargotirto, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, rencananya akan dimulai secara resmi pada awal bulan Juli tahun 2019.  (Pendim 0731/KP).


Anggota Staf Teritorial Kodim 0731/Kulon Progo Laksanakan Perawatan Tanaman Padi di Lahan Demplot


Kulon Progo. Anggota Staf Teritorial Kodim 0731/Kulon Progo, melaksanakan perawatan tanaman padi Demontration Plot (Demplot) jenis Ciherang, di Desa Sukoreno, Sentolo, Kulon Progo.

Kegiatan yang dilaksanakan adalah penyiangan dan pemupukan tanaman padi demplot Kodim 0731/Kulon Progo yang ditanam di lahan seluas 1 hektar, bekerjasama dengan Kelompok Tani Warga Rukun, Desa Sukoreno, Sentolo, Kulon Progo.  Padi jenis Ciherang tersebut ditanam pada tanggal 04 Mei 2019 dan diperkirakan panen tanggal 02 Agustus 2019.


Demplot tanaman padi jenis Ciherang di lahan Poktan Warga Rukun Desa Sukoreno, Sentolo, Kulon Pogo tersebut merupakan Demplot Program Ketahanan Pangan Kodim 0731/Kulon Progo tahun 2019.  (Pendim 0731/KP).


Babinsa Ngestiharjo Monitoring Jentik Nyamuk


Kulon Progo.  Serka Ariyono, Babinsa Ngestiharjo, Koramil Wates, Kodim 0731/Kulon Progo. melaksanakan pengecekan jentik-jentik nyamuk,  di Dusun Turip, Desa Ngestiharjo, Kecamatan Wates.

Pengecekan dilakukan dibeberapa rumah warga, dengan memeriksa tempat-tempat sarang nyamuk. Dengan menggunakan alat bantu senter, Serka Ariyono bersama petugas Puskesmas Wates, PLKB dan Kasi Kesra Desa Ngestiharjo, melaksanakan pemeriksaan bak mandi serta tempat yang terdapat genangan air, untuk melihat apakah ada jentik-jentik nyamuk.


Kepada masyarakat selanjutnya dihimbau agar secara rutin melakukan upaya pemberantasan sarang dan jentik nyamuk agar tidak berkembang biak. (Pendim 0731/KP).


Babinsa Banjarsari Hadiri Musyawarah Desa


Kulon Progo.  Sertu Sarjiya, Babinsa Banjarsari, Koramil Samigaluh, Kodim Kulon Progo, bersama dengan Bhabinkamtibmas Desa Banjarsari (Bripka Aan. W). menghadiri Musyawarah Desa (Musdes) Banjarsari, yang dilangsungkan di Pendopo Balai Desa Banjarsari, Samigaluh.

Musyawarah desa tersebut membahas tentang rencana pembangunan Desa Banjarsari pada tahun anggaran 2020, disesuaikan dengan anggaran yang akan dialokasikan dan juga skala prioritas pembangunan, yang telah diusulkan oleh masing-masing pedukuhan . Salah satu program yang akan dioptimalkan adalah berkaitan dengan kesehatan masyarakat, yaitu untuk pencegahan dan mengatasi stunting.

Musdes dihadiri oleh Kepala Desa Banjarsasi (Wagiran) beserta Perangkat Desa Banjarsari, Ketua BPD beserta anggota, pengawas desa (Waljiato) dan Kadus desa Banjarsari, Samigaluh.  (Pendim 0731/KP).


Babinsa Jatimulyo Melaksanakan Komsos Dengan Warga Penerima Program Jambanisasi


Kulon Progo.   Serka Adi Sarjono, Babinsa  Jatimulyo, Koramil Girimulyo, Kodim Kulon Progo. melaksanakan komunikasi sosial dengan salah satu warga penerima program jambanisasi, di pedukuhan Karanggede, Desa Jatimulyo, Girimulyo.

Dalam kegiatan tersebut Babinsa Jatimulyo didampingi oleh Ketua Program Jambanisasi Desa Jatimulyo, untuk memastikan apakah calon penerima program jambanisasi sesuai kriteria sehingga program jambanisasi benar-benar tepat sasaran.    


Calon penerima jambanisasi di pedukuhan Karanggede, Desa Jatimulyo sebanyak 22 rumah dan baru 15 rumah yang telah dicek, mengingat lokasi sasaran yang sulit dijangkau, karena berada di daerah pegunungan dan harus ditempuh dengan berjalan kaki. (Pendim 0731/KP).


Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat di Kecamatan Nanggulan


Kulon Progo. di wilayah Kecamatan Nanggulan, Kulon Progo, berlangsung kegiatan Bulan Bhakti Gotong Royong XVI dan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-47 Tahun 2019,  mengambil tema : Dengan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat Kita Optimalkan Peran Lembaga Kemasyarakatan Desa/Kelurahan Sebagai Mitra Pemerintahan Desa/Kelurahan.

Hadir dalam kegiatan tersebut : dr. H. Hasto Wardoyo, SP.OG (K) (Bupati Kulon Progo), Drs. H. Sutedjo (Wakil Bupati Kulon Progo), Ir. Astungkoro, M.Hum (Sekda Kabupaten Kulon Progo), Akhid Nuryati, S.E. (Ketua DPRD Kulon Progo), Kepala OPD Kabupaten Kulon Progo, Drs. Duana Heru, S., M.M. (Camat Nanggulan), Kapten Inf Triyono (Danramil Nanggulan Kodim Kulon Progo), AKP Sudarsono, S.H. (Kapolsek Nanggulan), Kepala Desa se-Kecamatan Nanggulan dan warga masyarakat.

Pada pelaksanaan BBGRM Kecamatan Nanggulan selain peninjauan dan peresmian pembangunan juga dilakukan penyerahan piagam penghargaan dan bantuan oleh Bupati Kulon Progo kepada : PIK-R Being Wicaksono, duta orangtua hebat dan  Bina Keluarga Balita (BKB). Selain itu juga diserahkan piagam penghargaan kepada 6 (enam) orang peserta Program Keluarga Harapan (PKH), yang mengundurkan diri secara sukarela dan 3 (tiga) orang petugas pemungut pajak.

Bantuan-bantuan diserahkan untuk rehab jaringan irigasi P3A Tirto Agung dan P3A Ngudi Makmur, Desa Donomulyo, Nanggulan.  Bantuan juga diberikan kepada Poktan Bandung, Desa Donomulyo, Poktan Temanggal dan Poktan Sidodadi Desa Wijimulyo serta 10 (sepuluh) orang penyandang disabilitas warga Desa Kembang, Nanggulan.

Kegiatan dilanjutkan dengan peninjauan ke lokasi BBGRM Kecamatan Nanggulan yaitu Peresmian TPA Al Hanif di Dusun Kenteng, Desa Kembang, Peresmian PKK dan Budidaya ikan Gurami Merah dan Lele di Dusun Karang Desa Jatisarono, pendistribusian beras di E-Warung Manunggal Karso, peresmian Pos Kamling dan corblok jalan di Desa Tanjungharjo, kunjungan bedah rumah dan penyerahan IMB milik Ibu Silah, Dusun Plugon, Desa Donomulyo, peninjauan pembukaan jalan baru Gunung Payung dan pembangketan, peresmian pembangunan corblok jalan di  Donomerto, meninjau dan penanaman simbolis usaha perkebunan kelengkeng di Dukuh, Wijimulyo, dan dilanjutkan ibadah sholat dzuhur di Masjid Nurul Karomah.

Selesai sholat dhuhur Bupati Kulon Progo beserta rombongan menuju Balai Desa Wijimulyo, Nanggulan, Kulon Progo, untuk melaksanakan acara penutupan.

dr. H. Hasto Wardoyo, SP.,OG (K) Bupati Kulon Progo mengatakan bahwa kegiatan BBGRM memang kegiatan tahunan, namun bukan kegiatan rutinitas melainkan kegiatan dalam rangka pencapaian target yang selama ini dilaksanakan, sehingga bisa dikatakan merupakan evaluasi secara keseluruhan.  Pemkab Kulon Progo sangat berharap agar gotong royong masyarakat tetap dilestarikan. (Pendim 0731/KP).


Babinsa Hargorejo Hadiri Sosialisasi Stunting


Kulon Progo.   Sertu Sugito, Babinsa Hargorejo, Koramil Kokap, Kodim Kulon Progo, bertempat di Balai Desa Hargorejo, menghadiri sosialisasi tentang stunting.

Rangkaian kegiatan diawali dengan doa pembuka, sambutan Kepala Desa Hargorejo, (Adi Purnomo), sambutan Camat Kokap yang disampaikan oleh Kasi Ekobang (Suratim), dilanjutkan pemberian materi/sosialisasi stunting oleh Ibu B├Ękti dan Ibu Suharsi.

Dijelaskan oleh narasumber bahwa untuk pencegahan stunting meliputi : intervensi gizi spesifik dengan sasaran ibu hamil, ibu menyusui, anak usia dini, prioritas pemberian makanan dan gizi kepada warga yang kurang mampu.  Intervensi gizi sensitif dengan sasaran anak sekolah, remaja putri dan calon pengantin.

Sosialisasi diikuti oleh kader Posyandu dan kader Paud sebanyak 55 orang, dan dihadiri oleh Kepala Desa Hargorejo beserta Perangkat Desa Hargorejo, Samsudin dari PLKB Kecamatan Kokap, Ibu Bekti dan Ibu Suharsi dari Puskesmas Kokap 1, Kepala Dusun se-Desa Hargorejo, Kokap, Kulon Progo.  (Pendim 0731/KP).